Trouble Shooting Fire Alarm Addressable

  1. Di display menunjukkan ALARM

 

Saat display terbaca ALARM, menunjukkan juga informasi tanggal, jam, alamat, comment (lokasi), indikator FIRE nyala kedip. Indikasi ini adalah kondisi terbaca FIRE. Sesuai lokasi yang ditunjukkan pada display.

Saat terjadi ALARM segera lakukan tindakan SILENCE segera. Aktifkan tombol MAIN AUDIO dan LOCAL AUDIO sampai led diatas tombol berkedip. Lakukan investigasi sesuai lokasi yang terbaca FIRE. Pada detector terdapat led indikator berwarna merah, saat detector active led nyala. Apabila push button yang aktive, led didalam push button juga nyala.

Apabila tidak ditemukan detector / equipment lain kondisi normal, bisa jadi instalasi nya yang hubung singkat / short instalasi

2. Di display menunjukkan TROUBLE

 

Saat display terbaca TROUBLE, menunjukkan juga informasi tanggal, jam, alamat, comment (lokasi), indikator CIRCUIT BREAK nyala. Indikasi ini adalah kondisi terbaca problem instalasi INPUT. Lihat pada comment dan address untuk melakukan perbaikan.

Saat terjadi TROUBLE segera lakukan tindakan SILENCE segera. Aktifkan tombol MAIN AUDIO sampai led diatas tombol berkedip. Lakukan investigasi sesuai lokasi yang terbaca didisplay. Apakah detector ada yg lepas.

Apabila tidak ditemukan detector / equipment lain kondisi normal, bisa jadi instalasi nya putus tidak terlihat. Bisa lakukan continuity, apakah instalasi bermasalah. Intinya module harus membaca EoL yang dipasang di ujung instalasi.

3. Di display menunjukkan Communication Error

 

Saat display terbaca COMMUNICATION ERROR, menunjukkan juga informasi tanggal, jam, alamat, comment (lokasi), indikator COMMUNICATION ERROR nyala. Indikasi ini adalah kondisi MCFA tidak bisa membaca MODULE. Sesuai lokasi /alamat yang ditunjukkan pada display.

Saat kondisi ini yang harus dilakukan adalah mengecek jalur instalasi data. Yaitu pada terminal S+ dan S- dari MCFA ke Module putus. Cari module dengan alamat yang sama, pastikan MODULE sudah terkoneksi data. Saat normal memiliki tegangan 30-50 VAC.

Apabila sudah dilakukan pengecekan tegangan normal, setting dipswitch sesuai, coba ganti module baru.

4. Di display menunjukkan FUSE ERROR

 

Saat display terbaca FUSE ERROR, menunjukkan juga informasi tanggal, jam, nomor FUSE yang bermasalah, dan indikator Faulty Fuse nyala. Buka MCFA dan lihat PCB Power Board terdapat beberapa FUSE. Lihat led yang nyala, berarti didekat led ada FUSE yang putus. Coba ganti baru. Apabila putus lagi, berarti ada instalasi yang short.

Coba cek instalasi POWER 24VDC yang ke MODULE pastikan tidak terjadi short. Apabila FUSE putusnya saat dicoba test kondisi FIRE berarti short pada instalasi output (bisa jadi instalasi BELL, Lampu Indikator yang short)

Apabila tidak ditemukan sekring yang putus, bisa langsung kontak HOOSEKI.

5. Di display menunjukkan L+ ISOLATION

 

Saat display terbaca L+ ISOLATION, menunjukkan juga informasi tanggal, jam, indikator Insulation Exposed nyala, Indikasi ini adalah kondisi terbaca Ground Fault.  Kabel S+ atau kabel L (instalasi INPUT detector, Push Button dll) terjadi short body / ground.

Untuk memperbaiki coba lepas kabel data, coba ukur dengan OHM Meter menggunakan skala Mega Ohm. Ukur kabel data terhadap ground, apabila terbaca dibawaah 2000 ohm berarti ada masalah. Apabila terbaca diatas 2000 ohm berarti kabel data tidak masalah, tinggal kabel INPUT yang harus di cek. Apakah ada short body atau tidak.

Saat melakukan perbaiki harap sabar, dan terus berusaha. Apabila memiliki banyak lantai, coba eliminasi per lantai. Dengan memutus instalasi data.

6. Di display menunjukkan L- ISOLATION

 

Saat display terbaca L- ISOLATION, menunjukkan juga informasi tanggal, jam, indikator Insulation Exposed nyala, Indikasi ini adalah kondisi terbaca Ground Fault.  Kabel S- atau kabel LC (instalasi INPUT detector, Push Button dll) terjadi short body / ground.

Untuk memperbaiki coba lepas kabel data, coba ukur dengan OHM Meter menggunakan skala Mega Ohm. Ukur kabel data terhadap ground, apabila terbaca dibawaah 2000 ohm berarti ada masalah. Apabila terbaca diatas 2000 ohm berarti kabel data tidak masalah, tinggal kabel INPUT yang harus di cek. Apakah ada short body atau tidak.

Saat melakukan perbaiki harap sabar, dan terus berusaha. Apabila memiliki banyak lantai, coba eliminasi per lantai. Dengan memutus instalasi data.

6. Di display menunjukkan ERROR SYS COM-SEGREGATION

 

Saat display terbaca ERROR SYS COM-SEGREGATION, menunjukkan juga informasi tanggal, jam, indikator COMMUNICATION SEGREGATION nyala. Indikasi ini adalah MODE SETTING. Dip switch yang ada di Communication Module (yang terdapat LED banyak) ada Dip Switch 5 Pin masih dalam kondisi ON, atau geser ke kiri. Normalnya adalah OFF atau geser ke kiri semua.

Mode ini hanya digunakan oleh teknisi HOOSEKI untuk mengecek kabel data, apakah semua device sudah terbaca oleh MCFA.

Untuk menormalkan kembali cukup menggeser posisi Dip Switch ke posisi OFF, atau geser kekiri semua.

Apabila ada trouble selain informasi diatas bisa hubungi kami

× Chat